Bimtek Pedoman Umum Penyusunan APBD TA 2016 serta Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD

Bimtek Pedoman Umum Penyusunan APBD TA 2016 serta Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Penyusunan APBD TA 2016 di daerah harus disinkronkan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini pemerintah telah membuat Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2016. Sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat adalah dengan mewujudkan penyusunan rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang disepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD sebagai dasar dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2016.

Dalam penyusunan dan pembahasan rancangan KUA, PPAS dan APBD tahun anggaran 2016, Pemerintah daerah dan DPRD harus lebih cermat dan komprehensif, khususnya dalam melengkapi peraturan perundangan yang dibuat di daerah, seperti Perda dan peraturan serta keputusan kepala daerah. Selain itu, DPRD harus terus meningkatkan kemampuannya untuk melaksanakan fungsi legislatif, anggaran dan pengawasan terhadap pembuatan dan pelaksanaan kebijakan pengelolaan daerah.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman Pemda, baik Eksekutif maupun Legislatif dalam penyusunan Anggaran Keuangan dan APBD di tahun 2016 serta Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2015 maka kami akan melaksanakan Sosialisasi 

Pedoman Umum Penyusunan APBD TA 2016 serta Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD

Bimtek dan Sosialisasi tersebut secara swadana dengan biaya kontribusi Rp. 4.500.000,-
Fasilitas Peserta:

  • Pelatihan selama 2 hari
  • Menginap 3 Malam Twin Share (Bagi Peserta Menginap)
  • Tanda Peserta Bimtek
  • Konsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) serta Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book dan Makalah serta SERTIFIKAT BIMTEK)
  • Tas Ransel Eksklusif

Bimtek OPTIMALISASI PENGELOLAAN DANA HIBAH DAN BANSOS YANG BERSIH, EFISIEN DAN TEPAT GUNA SESUAI PERMENDAGRI NO. 14 TAHUN 2016 TENTANG HIBAH DAN BANSOS

Bimtek OPTIMALISASI PENGELOLAAN DANA HIBAH DAN BANSOS YANG BERSIH, EFISIEN DAN TEPAT GUNA SESUAI PERMENDAGRI NO. 14 TAHUN 2016 TENTANG HIBAH DAN BANSOS Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Peraturan Baru yaitu Permendagri No. 14 Tahun 2016 tentang Hibah dan Bansos. Belanja bantuan hibah merupakan salah satu rekening belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang menarik perhatian publik dan seringkali menjadi tajuk utama pada media massa. Hal tersebut dikarenakan banyak pihak yang membutuhkan bantuan hibah tersebut dan banyak kepentingan yang dapat diakomodir, baik untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat maupun kepentingan politik tertentu.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahkan telah melakukan kajian yang menemukan adanya relasi dana Bantuan Sosial (BANSOS) dan hibah (APBD) terkait pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah. Selain itu, didapati juga fakta banyaknya tindak pidana korupsi yang diakibatkan penyalahgunaan kedua anggaran tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas,  maka kami akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis tentang :

“OPTIMALISASI PENGELOLAAN DANA HIBAH DAN BANSOS YANG BERSIH, EFISIEN DAN TEPAT GUNA SESUAI PERMENDAGRI NO. 14 TAHUN 2016 TENTANG HIBAH DAN BANSOS”

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Angkatan I
1. Hari/Tanggal : Rabu s.d Sabtu, 11 s.d 14 Mei 2016
2. Hari/Tanggal : Rabu s.d Sabtu, 18 s.d 21 Mei 2016
3. Hari/Tanggal : Rabu s.d Sabtu, 25 s.d 28 Mei 2016
Tempat Pelaksanaan : Hotel Santika Premiere – Jakarta
Angkatan II
1. Hari/Tanggal : Kamis s.d Minggu, 02 s.d 05 Juni 2016
2. Hari/Tanggal : Kamis s.d Minggu, 09 s.d 12 Juni 2016
3. Hari/Tanggal : Kamis s.d Minggu, 23 s.d 26 Juni 2016
Tempat Pelaksanaan : Hotel Mercure Jakarta Kota – Jakarta

KONTRIBUSI DAN AKOMODASI:

  1. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 4 hari 3 malam
  2. Kontribusi Peserta Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ribu Rupiah)/Orang

Catatan :

  • Pelatihan selama 2 hari
  • Akomodasi Hotel 4 Hari 3 Malam Kamar Twin Share
  • Tanda Peserta Bimtek
  • Konsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) serta Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book dan Makalah serta (SERTIFIKAT BIMTEK)
  • Tas Ransel Eksklusif

Bimtek KISI PERAN DPRD DALAM MEKANISME PENYUSUNAN LKPJ KDH DAN SOSIALISASI PERMENDAGRI NO. 80 TAHUN 2015 TENTANG PEMBENTUKAN PRODUK HUKUM DAERAH

KISI PERAN DPRD DALAM MEKANISME PENYUSUNAN LKPJ KDH DAN  SOSIALISASI PERMENDAGRI NO. 80 TAHUN 2015 TENTANG PEMBENTUKAN PRODUK HUKUM DAERAH Sebagai daerah otonomi, provinsi dan kabupaten/kota memiliki pemerintahan daerah yang melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan daerah yakni pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat. Untuk mendukung Platfon DPRD dalam membuat Peraturan Daerah(LEGAL DRAFTING), diperlukan sumber daya aparatur yang handal sehingga dalam pembuatan peraturan daerah mempunyai daya Output dan Input kepada pemerintahan daerah dan masyarakat pada umumnya, sehingga diharapkan Visi dan Misi Daerah dapat tercapai. Dan Pemerintah Baru saja mengeluarkan PERMENDAGRI No. 80 Tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah, maka pihak Eksekutif bersama–sama dengan Legislatif membuat PERDA (peraturan daerah) sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat, Agar tidak terjadi multitafsir/menerjemahkan PERMENDAGRI No. 80 Tahun 2015 ini, yang bisa mengakibatkan lemahnya kepercayaan public kepada pemerintah.
Dan disamping itu peningkatan TUPOKSI DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota sebagai fungsi pengawasan haruslah Kritis dan tetap Objektif terhadap penyelenggaraan pemerintahan Daerah dalam mewujudkan good Governance. dengan demikian fungsi pengawasan DPRD terhadap LPKJ kepala daerah menjadi sangat penting untuk dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sebagai representasi rakyat. Jika dalam penilaian dan pandangan DPRD bahwa LKPJ kepala daerah tidak mencerminkan good governance akan menimbulkan dampak politik maupun dampak hukum. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka kami akan mengadakan Bimtek dengan Tema:

“KISI PERAN DPRD DALAM MEKANISME PENYUSUNAN LKPJ KDH DAN  SOSIALISASI PERMENDAGRI NO. 80 TAHUN 2015 TENTANG PEMBENTUKAN PRODUK HUKUM DAERAH”

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
1. Hari/Tanggal : Kamis s.d Minggu, 12 s.d 15 Mei 2016
2. Hari/Tanggal : Kamis s.d Minggu, 19 s.d 22 Mei 2016
3. Hari/Tanggal : Kamis s.d Minggu, 26 s.d 29 Mei 2016
Tempat Pelaksanaan : Hotel 88 – Jakarta

KONTRIBUSI DAN AKOMODASI:

  1. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 4 hari 3 malam
  2. Kontribusi Peserta Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ribu Rupiah)/Orang

Catatan :

  • Pelatihan selama 2 hari
  • Akomodasi Hotel 4 Hari 3 Malam Kamar Twin Share
  • Tanda Peserta Bimtek
  • Konsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) serta Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book dan Makalah serta (SERTIFIKAT BIMTEK)
  • Tas Ransel Eksklusif

1 2 3